MAHASISWA UM BENGKULU MENGIKUTI SELEKSI ONMIPA TINGKAT PERGURUAN TINGGI TAHUN 2024

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi membentuk Balai Pengembangan Talenta Indonesia yang memiliki tugas diantaranya melaksanakan kompetisi akademik dan non akademik. Pelaksanaan kompetisi ini diharapkan terintegrasi mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Untuk memenuhi salah satu kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terkait dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dirjen Dikti Kemendikbudristek telah menetapkan Indeks Kinerja Utama (IKU) yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi. Salah satu IKU tersebut adalah memfasilitasi mahasiswa untuk mendapat pengalaman di luar kampus, seperti kegiatan mahasiswa untuk memperoleh prestasi pada berbagai kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional.

Olimpiade Nasional Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) adalah salah satu kegiatan yang berkontribusi untuk pencapaian prestasi mahasiswa tersebut. Secara universal, Matematika dan IPA (MIPA) merupakan ilmu dasar yang penting dan perlu dikuasai oleh masyarakat. Sayangnya kualitas Pendidikan MIPA di Indonesia untuk tingkat dasar dan menengah pada bidang ini tergolong rendah, seperti dilaporkan oleh lembaga terkait yang melakukan studi atau asesmen, misalnya Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) atau Program for International Student Assessment (PISA). Sementara itu pada tingkat pendidikan tinggi, MIPA belum menjadi bidang favorit bagi masyarakat. Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan penguasaan MIPA baik bagi siswa maupun mahasiswa. Penguasaan MIPA dapat mendorong daya saing bangsa dalam pengembangan dan pemanfaatan sains dan teknologi. Balai Pengembangan Talenta Indonesia telah menyelenggarakan ONMIPA-PT bidang Matematika, Kimia, Fisika dan Biologi sejak tahun 2009. ONMIPA-PT dilakukan dalam tiga tahap seleksi, yaitu seleksi Tingkat Perguruan Tinggi, Tingkat Wilayah, dan Tingkat Nasional.

Universitaas Muhammadiyah Bengkulu mendelegasikan Mahasiswa dalam mengikuti seleksi ONMIPA Tingkat Perguruan Tinggi secara online di ruang rapat rektorat pada tanggal 25-26 April 2024. Proses penyeleksian Tingkat Perguruan Tinggi jika dinyatakan lolos maka akan lanjut ke tahap seleksi Tingkat Wilayah. Adapun Mahasiswa UM Bengkulu yang mengikuti seleksi ONMIPA Tingkat Perguruan Tinggi di Bidang Matematika dan Bidang Biologi. Untuk di Bidang Matematika dari Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Pendidikan atas nama Izzah Afriyanti, Rachmat Hidayat, Ghina Aliefa Rahma, Ayu Tania Riski Putri, Rafina Eka Putri. Untuk di Bidang Biologi dari Mahasiswa Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Pendidikan atas nama Hamidillah Ridha Rahmawati, Umu salamah, Revalina Mawarni, Safiya Yasmin Abidah.

Penulis: Shelly Arsita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *