KEGIATAN OUTBOND MAHASISWA KIP ANGKATAN 2023

UPT Kemahasiswaan UM Bengkulu mengadakan outbond Mahasiswa KIP Kuliah  dengan tema “Menjalin Keakraban Menciptakan IMMK Solid” di Taman Badrika, Minggu 17 Desember 2023. Outbond ini dihadiri sekitar 250 Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Tahun 2023. Outbond dimulai jam 08.30 – 15.00 WIB.

Kegiatan outbound berasal dari kebutuhan untuk mengembangkan potensi individu dan kelompok melalui pengalaman langsung di luar lingkungan kerja atau pembelajaran formal. Kegiatan ini telah menjadi suatu pendekatan yang populer dalam pengembangan sumber daya manusia dan pendidikan non-formal. Beberapa faktor latar belakang kegiatan outbound meliputi:

1. Pengembangan Keterampilan Interpersonal : Outbound bertujuan untuk memperkuat keterampilan interpersonal, kerjasama tim, dan komunikasi di antara peserta. Melalui tantangan fisik dan mental, peserta dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam berinteraksi dan bekerja sama.

2. Pemberdayaan Individu: Kegiatan outbound memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengenali potensi diri, menghadapi tantangan, dan mengatasi ketakutan. Ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi individu.

3. Penguatan Hubungan Tim: Outbound sering digunakan sebagai sarana untuk memperkuat hubungan antaranggota tim. Melalui aktivitas kelompok, peserta dapat belajar bekerja bersama, membangun kepercayaan, dan memahami peran masing-masing dalam mencapai tujuan bersama.

4. Pengelolaan Konflik dan Stres: Kegiatan di luar ruangan memberikan kesempatan untuk belajar mengelola konflik dan stres. Peserta dapat menghadapi situasi yang menuntut dan belajar bagaimana mengatasi tekanan dengan efektif.

Kepanitian kegiatan Outbond ikatan mahasiswa Kip-Kuliah  ini , terdiri dari :

Hasil yang dicapai dari kegiatan Pengajian rutin bulanan ikatan mahasiswa Kip-Kuliah ini adalah :

  1. Tumbuhnya semangat bagi para mahasiswa menebar kebaikan serta membangun silaturahmi yang lebih baik.
  2. Mendapatkan pengetahuan tentang kerja sama, kejujuran dan taat terhadap aturan pada  kegiatan outbond  ikatan mahasiswa Kip-Kuliah Angkatan 2023
  3. Mendapatkan informasi dan pengetahuan  yang cukup memenuhi kebutuhan untuk saling membantu dalam kebaikan
  4. Terlaksananya program kerja ikatan mahasiswa Kip-Kuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *