SOSIALISASI PELAPORAN KIP KULIAH ANGKATAN 2020 DAN WORKSHOP SENI PERSIAPAN KARIR

Kegiatan Workshop persiapan karir yang diselenggarakan oleh Carier Development Center (CDC) UM Bengkulu pada tanggal 16 Maret 2024 di Aula Hasan Dien UM Bengkulu yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor III UM Bengkulu Bapak Drs. Surohim, M.SI. Peserta workshop yang diikuti mahasiswa UM Bengkulu semester akhir kurang lebih berjumlah 138 orang. Kegiatan ini memberi ruang kepada mehasiswa semester akhir untuk dapat memahami persiapan-persiapan apa saja yang harus dilakukan dalam menghadapi dunia pekerjaan. Selain itu workshop persiapan karir juga ada arahan untuk mahasiswa terkait pelaporan KIP yang disampaikan langsung oleh Kepala Unit Pelakasana Teknis Kemahasiswaa UM Bengkulu Bapak Rasman, M.I.Kom.

Berhubung yang hadir kegiatan itu adalah mahasiswa semester akhir maka moment inilah diperguna untuk Workshop Persiapan Karir. Kegitan ini juga turut hadir Wakil Dekan III se-Fakultas UM Bengkulu, harapannya setiap Fakultas dapat mengarahkan mahasiswa semester akhir di setiap prodi yang ada di Fakultas dapat mempersiapkan diri untuk menyambut dunia kerja setelah lulus kuliah.

Permasalahan yang sering terjadi pada mahasiswa ketika sudah menginjak perskripsian tidak lepas kebimbangan akan arah diri dalam menentukan pekerjaan apa yang hendak di geluti setelah lulus kuliah. Tidak jarang mahasiswa tingkat akhir ini dilanda kegalauan hingga membuat diri dapat mengatur pola makan, tidur sering kali membuat kesehatan mental dan berat badan mahasiswa turun drastis.

Dilihat dari hasil survey International Monetary Fund (IMF) memproyeksikan, tingkat pengangguran di Indonesia mencapai 5,2 % pada 2024, berada di urutan ke-59 dunia. Banyak faktor yang mengakibatkan mahasiswa tidak memiliki keberanian untuk melangkahkan kaki dalam dunia kerja, salah satunya kurangnya skill pada diri. Selain skill ternyata banyak dari mahasiswa juga kurang mempersiapkan diri dalam menyelesaikan pembuatan Curriculum Vitae (CV), sehingga inilah yang membuat mahasiswa dilanda kegalauan.

Untuk mengurangi kerentanan mahasiswa semester akhir dalam menghadapi dunia pekerjaan, maka CDC UM Bengkulu membentuk ruang Workshop Persiapan Karir untuk mengurangi kegalauan mahasiswa akan arah tujuan hidup mau di bawa ke mana setelah lulus kuliah. Hadirnya narasumber hebat Andi Azhar, ph.D yang merupakan dosen pascasarjana UMB Bengkulu dan juga Adjunct Assistent Professor at Departement of Business Administration, Colllege of Management, Asia University Taiwan dan Dr. Merri Sri Hartati, M.Pd sebagai Kepala Bidang CDC, Tracer Study dan Bimbingan Konseling UM Bengkulu.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-36.png

Pak Andi Azhar  menyampaikan meteri tentang tips menulis curriculum vitae yang menarik supaya dapat diterima oleh lembaga atau perusahaaan yang ingin dimiliki. Pak Andi memberi motivasi kepada mahasiswa yang hadir agar bisa mempersipakan diri dalam dunia karir dengan ikut terlibat dalam riset penelitian untuk memperkuat CV, ikut kegiatan-kegiatan yang bersertifikat, mengusai bahasa asing, membuat akun linkedin, menyarankan juga untuk mahasisawa dapat membrandingkan diri di media sosial, membuat website pribadi tujuan untuk lebih bisa mengasah skill menulis dan itu menjadi pandangan akan kualitas diri dalam segi kepenulisan, terakhir pak Andi menyarankan mahasiswa untuk dapat mengusai hard skill dan soft skill.

Begitupun yang disampaikan oleh Narasumber ke dua ibu Merri yang menjelaskan tentang perencana karir. Tentu dalam proses mencapai kesuksesan dalam dunia karir yang ingin diraih tentu bukan hal yang hanya membutuhkan waktu semalam untuk mencapainya, perlu kerja keras dan kemauan untuk terus belajar. Dalam mewujudkan karir tentu tidak terlepas dari kualitas diri.

Narasumber ke dua ibu Merri menjelaskan dalam workshop mengenai langkah-langkah dalam merencanakan karir, yang perlu diperhatikan yaitu:

  1. Mengembangkan rencana karir
  2. Menyusun rencana karir yang menjadi tujuan
  3. Tinjau bakat atau kemampuan serta minat yang dimiliki
  4. Mencari tahu jenis-jenis karir atau pekerjaan yang mendekati dengan diri kita
  5. Bandingkan keterampilan dan minat yang kita miliki dengan jenis karir atau pekerjaan yang akan kita pilih
  6. Kembangkanlah tujuan karir/pekerjaan yang kita pilih
  7. Ikutilah pendidikan atau pelatihan yang mendekatkan kita dengan tujuan karir atau pekerjaan yang telah kita buat
  8. Hal penting yang tidak bisa dilewatkan adalah masalah keuangan. Titik ini akan lebih memikirkan banyaknya pengeluaran yang akan dikorbankan demi mewujudkan karir yang menjadi tujuan
  9.  Cobalah minta nasehat dari beberapa sumber yang anda yakini untuk dapat membantu memberi arahan dan penjelasan mengenai karir/pekerjaan yang akan dipilih

Penulis: Shelly Arsita