SEKILAS TENTANG PKM 2021 Oleh : Rosyidin M.Si (Kabag Kemahasiswaan UM Bengkulu)

Rosyidin M.Si

PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2021 di bawah pengelolaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM tahun 2021 meliputi :

  1. PKM Bidang Riset (PKM-R).
  2. PKM Bidang Kewirausahaan (PKM-K).
  3. PKM Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM).
  4. PKM Bidang Penerapan Iptek (PKM-PI).
  5. PKM Bidang Karsa Cipta (PKM-KC).
  6. PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK).
  7. PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).
  8. PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Pelaksanaan PKM ini bila dilihat prosesnya mulai penyusunan proposal, pengajuan proposal, didanai, pelaksanaan program, laporan kemajuan yang dinilai melalui Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2), penyusunan laporan akhir sampai dengan PIMNAS yang diwajibkan menulis artikel ilmiah dan poster. Bila ditilik dari waktu hampir 1 tahun atau 2 semester dan juga sifatnya kompetitif tampaknya dimungkinkan untuk perguruan tinggi menghargai pekerjaan mahasiswa misalnya dengan menghitung dalam jumlah SKS tertentu atau dikonversikan dengan mata kuliah tertentu pula. Namun hal ini bersifat dinamis dan kebijaksanaannya diserahkan ke perguruan tinggi masing-masing. Kebijakan Rektor UM Bengkulu apabila lolos PKM bebas KKN dan apabila lolos PIMNAS bebas Skripsi.

Pelaksanaan PKM dimulai pada tanggal 1-28 Februari 2021 melalui laman https://simbelmawa.kemendikbud.go.id. Peserta PKM adalah mahasiswa lintas prodi yang terdiri dari 3-5 orang dan menunjuk satu orang sebagai ketua. Mahasiswa boleh mengikuti lebih dari 1 kelompok PKM. Dosen pembimbing adalah Dosen lintas prodi yang memiliki keilmuan yang linier dengan proposal yang akan diajukan, dosen pembimbing dapat membimbing proposal sebanyak 10 proposal PKM. PKM didanai oleh Dirjen Pengajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan Republik Indonesia dengan besaran antara 5-10 Juta.

Tahapan PKM di UM Bengkulu meliputi :

NoTanggalTahapan Kegiatan
105-10 Februari 2021Sosialisasi PKM oleh Fakultas terhadap mahasiswa
211-18 Februari 2021Mahasiswa membuat proposal dan menentukan pembimbing serta melakukan proses bimbingan.
 15-18 Februari 2021Mahasiswa mengumpulkan proposal ke bagian kemahasiswaan
319-22 Februari 2021Tim Pembina melakukan Verifikasi (Review) dan Penetapan Proposal yang akan diusulkan serta menumumkanya kepada mahasiswa.
423-25 Februari 2021Mahasiswa dan pemimbing membuat Username dan Pasword ke operator PKM (Bidang Kemahasiswaan)
525-28 Febuari 2021Mahasiswa dibantu pembimbing mengupload Proposal PKM
6TentativePengumuman PKM
7TentativePIMNAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *